Sistem Informasi

Sistem adalah kumpulan elemen yang berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang (Davis, 1999).

Jumat, 18 Januari 2013

Konsep Sistem Informasi: Sistem Informasi Berbasis Komputer Part 1

Untuk materi yang ini akan dibagi menjadi 2 part. File .doc yang dapat di unduh saya simpan di part kedua, jadi selamat membaca, semoga ilmunya bermanfaat :)


Daftar Materi 

Pengantar 

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi 

Sejarah Perkembangan Hardware 

Sejarah Perkembangan Software 

Hubungan Sistem dan Teknologi Informasi 

Konsep Sistem Informasi Berbasis Komputer 

Sistem Informasi Manajemen 

Komponen Sistem Informasi Manajemen 

Sistem Informasi Manajemen bagi Organisasi 



Pengantar 

Di tengah lajunya kemajuan industri yang berbasis teknologi informasi, informasi yang cepat dan akurat semakin menjadi kebutuhan pokok para decission maker. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan. Sedangkan suatu sistem informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkannya. Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manajerial dalam hal program-program dan rencana-rencana operasional serta sasaran yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan. 

Sistem Informasi dalam perusahaan yang dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM) terbagi menjadi beberapa Sistem Informasi yang membentuk satu kesatuan sistem informasi yang dibutuhkan dan menghasilkan informasi bagi manajemen. Pada Sistem Informasi Manajemen yang cukup lengkap, biasanya terdiri dari beberapa sistem informasi yang lebih spesifik cakupannya seperti : 

a. Sistem Informasi Pengendalian Inventori (Inventory Control Information System). 
      Sistem informasi ini biasa juga disebut dengan sistem informasi logistik yang dipakai untuk mendukung   
      dalam menyediakan informasi tentang persediaan barang. 

b. Sistem Informasi Produksi (Manufacture Information System
      Sistem informasi ini memback-up pengolahan data sistem kerja produksi. 

c. Sistem Informasi Keuangan (Finance Information System). 
      Sistem informasi ini dipakai untuk mendukung penyediaan informasi tentang kegiatan laporan-laporan 
      keuangan sebagai hasil dari pemrosesan data-data transaksi keuangan yang terjadi. 

d. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (Human Resources Information System
      Sistem Informasi ini kita kenal dengan sistem informasi personalia atau kepegawaian yang mengolah data    
      - data kepegawaian terutama menyangkut masalah pendataan karyawan sampai ke penggajian. 

e. Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Infomration System). 
      Sistem informasi ini digunakan oleh organisasi dalam mendukung sistem kerja pemasaran, yang 
      memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penjualan barang, 
      penelitian pasar dan lain-lain. 


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi 

Sejarah mencatat, seiring perkembangan bahasa lisan manusia juga mulai mengembangkan tulisan untuk membantu berkomunikasi antar sesamanya secara lisan melalui simbol-simbol. Diawali dengan penggunaan peralatan sederhana seperti batu sebagai alat tulis pada media dinding-dinding gua. Sejalan dengan perkembangan peradapan manusia, mulailah dipergunakan sistem penulisan dengan media lempengen tanah liat, kulit binatang, kulit kayu dan pada akhirnya menggunakan media kertas. 

Selanjutnya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pada abad ke-19 mulai ditemukan mesin ketik manual sebagai teknologi penulisan dengan sistem pendokumentasian yang lebih baik. Dan hal ini tidak berhenti samapai di sini, manusia mulai mengembangkan teknologi perhitungan mekanik berupa mesin-mesin hitung sederhana yang mampu membantu sistem perhitungan sederhana dengan menjalankan prosedur sistematis dengan sebuah mesin. Sampai diketemukannya mesin komputer pertama kali di tahun 40-an. Sejak itu, dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik atau mesin hitung manual dan mulai digantikan perannya oleh mesin komputer. 





Sejarah Perkembangan Perangkat Keras 

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi perangkat keras komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer. 

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). 

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. 

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. 

Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tiga hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. Berdasarkan data yang diolah, komputer dibagi menjadi : 

a. Komputer Analog 
b. Komputer Digital 
c. Komputer Hybrid 

Berdasarkan penggunannya, komputer diklasifikasikan menjadi : 
a. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) 
b. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer) 

Berdasarkan kapasitas dan ukurannya, komputer diklasifikasikan menjadi : 
a. Komputer Mikro (Micro Computer) 
b. Komputer Mini (Mini Computer) 
c. Komputer Kecil (Small Computer) 
d. Komputer Menengah (Medium Computer) 
e. Komputer Besar (Large Computer) 
f. Komputer Super (Super Computer) 

Berdasarkan generasinya, komputer diklasifikasikan menjadi : 
a. Komputer Generasi Pertama (1946-1959) 
b. Komputer Generasi Kedua (1959-1964) 
c. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) 
d. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang) 
e. Komputer Generasi Kelima 

0 komentar: