Sistem Informasi

Sistem adalah kumpulan elemen yang berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang (Davis, 1999).

Jumat, 04 Januari 2013

Sistem Informasi. Apa itu?

Well, saya pastikan kemungkinan yang membaca ini teman-teman yang sedang bingung memilih jurusan yang berbau IT, atau mungkin teman-teman yang sudah bergabung di Sistem Informasi dan ingin cari tahu lebih lanjut tentang pilihannya. berikut saya berikan penjelasan mengenai Sistem Informasi.

Menurut pembahasan Formal Sistem Informasi...saya ambil dari Wikipedia..

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.

Dengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. 


Ini bahasan Non Formalnya...

Mengacu pada pengertian ini..

Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan. Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.

Jadi dalam Sistem Informasi itu kita akan diajarkan bagaimana sikap/cara kita menggunakan IT dalam memecahkan permasalahan bisnis. Dalam pembelajarannya nanti akan membahas tentang apapun yang berhubungan dengan IT, namun tidak terlalu dalam karena tujuannya hanya mengambil konsep kerja seorang IT saja. Dari pengetahuan IT tersebut kita diajarkan untuk menggunakannya dalam menghadapi tantangan bisnis. Karena dewasa ini, bisnis yang bisa maju dan bertahan adalah bisnis yang operasionalnya terintegrasi dengan IT.

Dalam dunia kerja nanti seorang lulusan Sistem Informasi bisa bekerja dalam semua bidang bisnis (universal) bisa menjadi pekerja IT, pekerja bisnis (kantoran) atau konsultan IT. Namun pada umumnya lulusan Sistem Informasi lebih diarahkan untuk menjadi seorang konsultan (kita menyebutnya dengan System Analyst) dimana tugasnya adalah sebagai penghubung/penerjemah atas sebuah kebutuhan/permasalahan bisnis global agar dapat di selesaikan dengan pengetahuan ITnya yang biasanya dibantu juga oleh seorang lulusan TI (Teknik Informatika).